Cara Mudah Belajar dan Memahami Reksadana

Rajin Menabung pangkal kaya. Sebuah pepatah lama yang hampir semua orang mengetahui dan memahinya. Mengacu pada pepatah tersebut menjadi hal yang lumrah kita temui disekitar kita banyak orang tua yang mengajarkan anak anak mereka untuk rajin menyiihkan uang saku mereka untuk dimasukan dalam celengan. Nah,  bagi yang sudah dewasa dan memiliki pendapatan sendiri apakah masih layak untuk tetap menabung di celengan. Sebenarnya masih sangat layak dan sah sah saja menabung di celengan, namun nilai yang ada di celengan tersebut tidak akan mengalami pertambahan sedangkan di sisi lain kebutuhan akan hidup semakin meningkat. Hal ini menjadikan menabung di celengan bukanlah sebuah pilihan terbaik.

“dengan demikian telah terjadi sedikit pergeseran, dari yang semula rajin menabung pangkal kaya menjadi rajin berinvestasi pangkal kaya”

Lalu dimana bisa menabung yang peningkatan nilainya seimbang atau setidaknya tidak terpaut jauh dengan laju pertumbuhan pemenehunan kebutuhan terus meningkat. Maka dalam  hal ini, terjadi sedikit pergeseran makna menabung, bukan lagi hanya menyimpan uang untuk kemduain suatu hari diambil lagi (dengan nilai yang sama saat meyimpan), namun menjadi menyimpan uang kita pada suatu tempat (instrumen) untuk suatu hari nanti kita ambil lagi yang n ilainya mengalami pertambahan dibading saat pertama kali menyimpan uang a. Hal semacam ini lebih dikenal sebagai investasi.

Lalu dimana dan apa saja bentuk investasi yang bisa memberikan keuntungan. Sebenarnya terdapat banyak media investasi yang bisa dipilih.  Salah satu media invetasi yang cukup bisa memberikan keuntungan kepada kita adalah reksadana.

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari para investor yang dikelola oleh manajer investasi pada portofolio (kumpulan) efek di pasar modal dan pasar uang. Portofolio efek ini dapat berupa deposito, saham, dan surat utang. Dengan kata lain nabung di reksadana berarti kita mempercayakan uang yang kita miliki untuk ditempatkan di pasar saham atau pasar uang tergantung jenis reksadana yang kita pilih.

MEKANISME-REKSADA1

 

Untuk kemana uang yang ditempatkan nasabah disalurkan oleh manajer investasi tergantung dari jenis reksadana yang kita pilih.  Jenis jenis reksadana ini dapat dilihat dari kemana dana yang terkumpul di salurkan atau diinvetasikan. Dan dimana dana ditempatkan juga merupakan acuan besaran keuntungan yang diperoleh. Untuk lebih jelasnya pencabaran berikut mungkin bisa sedikit membantu

  1. Reksadana Pasar Uang

Merupakan jenis reksdana yang oleh manajer  investasinya dana nasabah ditempatkan  pada pasar uang. Jenis reksadana ini cocok dipilih bagi mereka yang menginnginkan jenis investasi jangka pendek. Secara resikopun , jenis reksadana ini memiliki tingkat resiko yang paling rendah.  Dikarenkan tingkat resiko yang kecil, maka besaran nilai tambah yang dapat diperoleh dari jenis reksadana ini merupakan yang paling kecil dibanding jenis reksadana lainnya. Nilai tambah dari jenis reksadana ini berkisar antara 5% sampai 6%.

  1. Reksadana Pedapatan Tetap

Jika pada reksadana pasar uang menajer investasi menempatkan modal atau dana nasabah kepasar uang maka pada reksadana pendapatan tetap, sebagian dana yang terkumpul disalurkan pada efek utang atau obligasi. Sebagian kecil lainnya ditempatkan pada pasar saham atau pasar uang. Jenis reksadana ini cocok bagi mereka yeng menginginkan investasi dengan jangka waktu kurang lebih 3 tahun. Tingkat resiko yang dimiliki jenis reksadana ini sedikit lebih tinggi dibanding reksadana pasar uang, namun dengan pertambahan nilai keuntungan yang sedikit lebih besar. Tingkat keuntungan dari jenis reksadana ini berkisar antara 65 sampai 8%.

  1. Reksadana Campuran

Apabila nasabah menginginkan invesatsi dengan jangka yang lebih lama dari tiga tahun namun kurang dari lima tahun , maka sebaiknya memilih reksadana campuran. Pada jeni reksdana dana ini manajer investasi akan menyalurkan dana yang terkumpul ke berbagai macam instrumen pasar modal, baik itu pasar uang, obligasi, efek utang maupun saham. Dengan resiko yang lebh tinggi dibanding dua jenis reksadana sebelumnya, maka pertambahan nilai yang didapatkan juag seidkit lebih besar, sekitar 12%.

  1. Reksadana Saham

Merupakan jenis reksadana yang sebagian besar (sekitar 80%) dana yang terkumpul ditempatkan pada intrumen saham. Memiliki tingkat resiko yang tinggi dibanding jenis reksadana sebelumnya karena faktor fluktuasi harga saham yang cukup tinggi, namun diisi lain jenis reksadana ini memiliki tingkat pertambahan nilai yang cukup besar yakni sekitar 15%. Jenis reksadana ini disarankan bagi mereka yang ingin melakukan investasi diatas lima tahun.

Setelah memahami apa itu reksadana dan jenisnya, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagiaman memilih reksadana yang akan kita jadikan tempat berinvestasi. Sebelum jauh kepada bagaimana memilih reksadana, ada baiknya kita memahami dulu, bahwa dalam dunia rekadana, ketika kita memilih suatu produk reksadana, misal kita memilih menempatkan dana kta ke rekadana pasar uang maju makmur, maka kita disebut membeli reksadana.  Dan sebaliknya ketika kita mencairkan dana kita, maka aktiitas tersebut disebut menjual reksadana.

Aktivitas jual beli ini bisa dilakukan setiap saat dan prosesnya cukup mudah dan cepat. Hal inilah yang membedakan dengan deposito. Sebagai salah satu produk perbankan, deposito memang merupakan salah satu jenis produk perbankan yang memberikan imbal jasa keutungan lebih tinggi dibanding buang bank biasa. Namun deposito juga memiliki batas minimal (biasanya sepuluh juta), dan batas waktu tertentu.  Kita tidak bisa mengambil dana yang kita tempatkan di deposito sebelum waktu yang nasabah dan pihak bank sepakati saat membuka rekening deposito.

Sebaliknya, reksadana memberikan kemudahan dalam hal jumlah minimal yang bisa diinvestasikan serta waktu pencariannya bisa kapapun dengan proses yang cepat. Lalu produk reksadana apa yang harus kita pilih. Hal hal apa saja yang perlu kita ketahaui sebelum membeli reksadana. Tentang bagaimana sukses di reksadana bisa klik pada tulisan ini.

 

Published by

keceme

doa, syukur,kerja,syukur,doa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s