Cara Membuat Aram Sekam dan Berbagai Manfaat Aram Sekam

Apa itu aram sekam ?

Sekam merupakan salah satu hasil dari proses penggilingan gabah (biji padi) menjadi beras. Sebagai kulit luar sekam bisanya dibuang begitu saja dan belum termanfaatkan secara maksimal. Kalaupun dimanfaatkan baru sebatas sebagai bahan untuk pembakaran bata merah. Rekayasa sekam untuk bisa meningkatkan nilai tambah belum digarap secara serius.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memberi nilai tambah sekam adalah dengan membuatnya menjadi aram (arang). Aram merupakan hasil dari pembakaran suatu benda (kayu atau sekam, bisa juga benda lainnya) yang sengaja dihentikan sebelum benda tersebut terbakar sempurna menjadi abu. Secara sederhananya aram sekam merupakan hasil pembakaran dari sekam padi yang belum sempurna atau hanya membakar sebatas kulit luarnya saja. Pembakaran sekam padi bertujuan untuk meningkatkan kandungan karbon dan unsur hara dalam sekam padi.Sebab pembakaran sempurna yang menghasilkan abu sekam justru menghilangkan kandungan hara pada sekam padi tersebut.

Banyak hal yang semula hanya dianggap sebagai limbah dan terbuang percuma, namun setelah dilakukan pengolahan yang tidak begitu rumit caranya bisa memberikan nilai tambah dan manfaat bagi kita dan sekitar. Aram sekam adalah contoh dari sekian banyak hal yang awalnya hanya dipandang sebelah mata.

Manfaat Aram Sekam

Sebagai bahan yang semula hanya sebatas limbah yang kemudian diolah lembih lanjut, aram sekam memiliki banyak manfaat. Manfaat utama aram sekam yang sudah dimanfaatkan adalah dalam bidang pertanian, baik sebagai campuran pembuatan pupuk ataupun sebagai media tanam. Aram sekam juga bisa dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, yaitu sebagai media masker dan sebagai shampoo.

20180325_162636.jpg

aram sekam sebagai media semai

Selain sebagai media tanam,aram sekam juga dimanfaatkan sebagai campuran pupuk organik. Fungsi dan manfaatnya yang dapat digunakan sebagai penggembur tanah menjadikan aram sekam sebagai bahan utama campuran pupuk organik. Sebagai media tanam, aram sekam memiliki banyak kandungan unsur hara yang membuat hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pemanfaatan aram sekam media tanam bisa dijumpai dalam sistem tanam hiroponik.

Cara Membuat Aram Sekam

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengubah sekam menjadi aram. Namun pada artikel ini hanya akan dijabarkan cara membuat sekam dengan media bantu berupa kawat sederhana yang digulung. Secara detailnya bagaimana membuatnya adalah sebagai berikut.

Bahan dan Alat

  1. Sekam

Tentunya ini merupakan bahan utama yang kita butuhkan, karena memang inilah yang akan kita olah. Sekam bisa didapatkan dengan mudah ditempat tempat  penggilingan padi. Biasanya bisa didapatkan secara gratis, kalau misal harus keluar uang biasanya hanya untuk ongkos tenaga yang mengumpulkan dalam wadah karung. Bila kita mau, untuk mengumpulkan sendiri dan membawa pulang tentunya bisa gratis.

  1. Kawat Ayakan / Kawat Loket

Bisa didapatkan di toko toko bangunan terdekat. Harganya cukup murah antara Rp.10.000,- sampai Rp. 15.000,- per meter dengan lebar 80 cm. Dari pengalaman saya, beli setengah meter saja cukup, karena kawat akan kita bentuk gulungan.

20180325_162853.jpg

  1. Kertas tidak terpakai dan korek api

Ini kita gunakan sebagai penyulut api dalam proses pembakaran nanti.

Cara Membuat Aram Sekam

Cara membuat aram sekam sebenarnya cukup mudah. Letakan kawat yang sudah digulung di enpat datar. Kemdian sekam kita letakkan mengelilingi dari kawat tersebut. Setelah terbentuk gunungan, ambil kertas dan korek, kita bakar kertas kemudian kita masukan ke dalam kawat. Cukup dua atau tiga lembar kertas saja.

20180321_140518.jpg

Kemudian kita tinggal sambil menyiapkan air, bisa dengan selang atau dengan menggunakan ember. Selang beberapa waktu, sekam terbakar semuanya, ditandai dengan berubahnya warna yang awalnya kuning menjadi hitam, maka api bisa dipadamkan dengan air. Siramkan secukupnya sampai benar benar padam apinya. Perlu diingat, lebih baik untuk disiramkan sebanyak mungkin air, untuk memastikan benar benar padam luar dalam. Meski aram sekam akan basah semua, aram aram sekam juga mudah kering, sehingga tidak menajdi masalah saat penyiraman aram menjadi basah semua.

Demikian tulisan singkat tentang aram sekam, semoga bisa bermanfaat bagi  jangakita semua. Selamat mencoba, dan jangan pernah lelah belajar dan memulai suatu hal yang baru.

 

Published by

fedhi

doa, syukur, kerja, kerja, syukur, doa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s