Apa Itu Menulis dan Bagaimana Menghasilkan Tulisan yang Baik

Menulis merupakan salah satu proses memindahkan apa yang ada dalam pikiran kita (ide) ke dalam bentuk tulisan sehingga ide atau gagasan kita bisa dibaca, dipahami dan diterima oleh orang lain. Proses lainnya untuk membuat ide kita agar dipahami dan diterima orang lain adalah lewat mengutarakan secara langsung (lewat omongan). Kedua bentuk menyampaikan pemikiran kita kepada orang lain ini menuntut kita untuk membiasakan diri. Artinya mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran kita tentang suatu hal membutuhkan kebiasaan, tidak semua orang mau dan mampu untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal, sehingga ini memerlukan sebuah pembiasaan.

Pada tulisan kali ini, saya akan lebih banyak membahas tentang menyampaikan pemikiran kita kepada orang lain lewat media tulisan. Berbeda dengan menyampaikan pendapat secara lisan lewat omongan, menyampaikan pendapat lewat tulisan cenderung lebih sulit. Dengan penyampaian secara lisan, spotanitas menjadi bumbu utama. Sedang lewat tulisan, akan cenderung lebih ter struktur dan rapi. Meski untuk mencapai sebuah tulisan yang terstruktur dan rapi juga membutuhkan latihan dan membiasakan diri.

Karena bentuk tulisan yang ter struktur dan rapi, penulis, kita yang menyampaikan pendapat kita bisa langsung melakukan koreksi apabila terdapat kekurangan dan kesalahan. Ini memungkinkan tulisan kita menjadi jauh lebih baik dibanding menyampaikan pendapat lewat lisan.

Di sisi lain, karena menerjemahkan pemikiran dengan tulisan membutuhkan waktu, maka sisi negatif dari sebuah tulisan adalah kadang kehilangan sisi spotanitas. Tidak jarang apa yang kita ulas dalam tulisan kita sudah bukan lagi barang baru, sudah banyak orang yang memberikan ulasan dan tanggapan akan suatu hal tertentu.

Meski demikian, bagi mereka yang sudah terbiasa menulis, memunculkan sebuah gagasan dan ide serta tanggapan suatu hal yang masih hangat dan fresh bukanlah sebuah perkara sulit. Maka kembali lagi, menulis adalah sebuah hal yang perlu pembiasaan. Kemampuan seseorang dalam menerjemahkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan akan terasah seiring semakin seringnya menulis.

Tulisan Menujukan Siapa Kita

Selain penyampain pendapat, sebuah tulisan juga bisa menjadi gambaran tentang siapa kita. Artinya, bagaimana kita mengomentari suatu hal lewat tulisan yang kemudian dibaca orang lain adalah pengungkapan diri dan pikiran kita kepada orang lain. Apakah kita setuju akan hal tersebut atau sebaliknya kita tidak suka dan tidak setuju pada hal tertentu bisa dilihat dari tulisan kita .

Tingkat atau pemahaman kita tentang suatu hal juga bisa ditujukan lewat suatu hal. Misal kita menulis tentang obyek a, seberapa jauh mampu mengupas tentang obyek a tersebut, seberapa detail kita menyajikan kepada pembaca tentang obyek tersebut merupakan sebuah gambaran nyata seberapa jauh memahami tentang obyek a.

Ketidak pahaman akan sebuah tema atau sebuah obyek namun tetap memaksakan tulisan tersebut tersaji, justru akan menjadi boomerang bagi penulis. Pembaca dapat dengan mudah menangkap bahwa sesungguhnya penulis tidak menguasai apa yang ditulisnya. Jelas ini akan menyebabkan orang atau pembaca adalah orang yang kurang cakap.

Dengan kata lain, jangan pernah menulis apa yang sebenarnya tidak kita mengerti. Atau jika ingin menulis tentang sebuah hal, dipelajari terlebih dahulu hal tersebut. Semakin banyak literasi yang dimiliki oleh penulis akan menghasilkan tulisan yang semakin berbobot, berkualitas dan tentunya tajam.

Apabila ditarik dalam hal kekinian, maka jangan atau hindari berkomentar atau menyajikan sebuah tulisan yang memang tidak benar kita ketahui. Memperbanyak literasi (bahan bacan) adalah hal pertama yang perlu kita lakukan apabila ingin eksis dalam era digital seperti sekarang dimana segala sesuatu bisa dengan mudah dikomentari orang lain. Bukan lagi mulutmu harimaumu, tetapi jempolmu (tulisanmu) harimaumu.

Published by

fedhi

doa, syukur, kerja, kerja, syukur, doa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s